Sunday, April 8, 2018

You Did Well

Well, beberapa malam lagi terakhir sering mewek nonton video Dingo di Youtube. Judul playlistnya Well Done Today atau terjemahan dari 수고했어요 atau 잘했어요 . Biasa ungkapan ini diucapkan ke orang lain, setelah orang tsb selesai bekerja keras. Bisa setelah hari itu ngerjain sesuatu bareng atau untuk hal yang sudah dilakukan dalam waktu lama oleh orang itu.

Nah di acara ini, dipilih orang-orang emg pekerja keras dan punya kesulitan masing-masing. Entah itu mahasiswa yang harus ngerjain tugas sampai larut untuk ngejar ketinggalan, orang-orang yang harus parttime untuk nambahin biaya hidup, calon mahasiswa atau pekerja yang lagi mau tes, atau bahkan ada yg mau tes masuk perguruan tinggi ke lima kalinya. Terus mereka dipertemuin sama idolanya. Mostly penyanyi atau aktor, tapi ada juga episode sama presiden Korsel (saat itu masi calon).

Sebenernya sih isinya biasanya mereka ngobrol2 tentang masalah masing-masing. Idolanya pun sharing cerita jaman mereka struggling dulu atau apa yang mereka kawatirkan sekarang. Entah di ruangan, restoran sambil makan bareng, atau bahkan di laundry. Idolanya akan sharing hal-hal basic yang mungkin membantu misalnya jangan sampai tidur kurang dari 6 jam, harus lebih percaya diri supaya interviewer percaya, atau ngingetin bahwa semua kerjakeras pasti ada buahnya. Biasanya juga mereka akan kasi barang yang bisa membantu. Di akhir, idolanya akan nyemangatin masing-masing partnernya dan bilang  수고했어요 atau well done today atau you worked hard.

Kayak sepele, tapi gue rasa itu akan kasih semangat lebih buat orang-orang tsb. Ketika lo lagi kesulitan, gue yakin lo pasti ngerasa ada di titik terbawah, dimana kata-kata itu bisa jadi penyemangat. Elo akan yakin bahwa elo sudah bekerja keras, everyone else is also struggling, dan bikin lo semangat untuk terus bekerja keras. Hey, being appreciated is nice, isn't it? Gue yakin, orang yang ngucapin ini pun akan ikut bersemangat.

But anyway, gue jadi mikir, kalau di bahasa Indonesia gimana ya cara ngucapinnya. Terima kasih untuk kerjakerasmu? Kamu sudah bekerja keras, tetap semangat? Hehehe, berhubung kita nggak punya budaya itu (or maybe just me?) gue jadi nggak kebayang ngucapin ini ke orang lain.

Tapi, gue pun pengen mulai ngucapin ini ke orang lain. Supaya saling nyemangatin dan ngasi energi positif ke orang lain.

Hahaha niat udh dihitung pahala kan? ;D Smoga gue bisa ngelakuinnya.

*harusnya cari bahan paper *tapi malah nulis ga penting *malam-malam di Madison

No comments: