Tuesday, January 11, 2011

Korean Pop

Kalau denger korean pop atau beken disingkat Kpop, yang kebayang di kepala gue setahun yang lalu adalah cowok-cowok cantik dan ABG-ABG labil yang hobinya mantengin artis-artis korea itu. Gue pun cukup trauma denger lagu-lagu jepang yang gak masuk sama selera telinga gue. Gue pun nggak pernah nyentuh-nyentuh artis asia selain drama-drama yang ada di indosiar.

Sampai suatu hari, temen gue berinisial AF mengenalkan sebuah video yang mengubah hidup gue. Aih, lebai super. Nggak, nggak, maksud gue, video itu mengubah pandangan gue seutuhnya dari persepsi gue terhadap Kpop. Video itu ternyata video pariwisata Korea, yang isinya tentang cerita singkat orang Korea yang menemukan cerita di kota Seoul. Video itu diperankan oleh super junior dan girls generation (snsd), dua grup besar korea. Menurut gue, video itu bagus banget. Selain kota Seoul yang indah, cerita video itu juga simpel, dan suara penyanyi itu bagus banget.

Sejak saat itu, gue mulai penasaran dengan dua grup ini. Temen gue ini suka banget sama super juniornya. Padahal, isi grupnya aja 13 orang. Gimana coba ngapalinnya. Dan gak kebayang gimana pembagian nyanyi dan duitnya. Westlife dan Backstreet Boys yang cuma berlima aja, paling yang suaranya bagus cuma dua orang. Kalo nggak Mark, ya Shane. Kalo nggak Brian, ya Nick. Setelah ngedengerin beberapa lagunya, gue jadi ngerti kalo Kpop itu, lagu-lagunya ear catchy alias aneh didengernya, dan habis dengerin bakalan nagih alias addicting dan annoying. Setelah itu, mulailah kesukaan gue pada Kpop.

Musik Korea didominasi sama grup-grup ala boyband atau girlband, atau cuma nyanyi en joged-joged tanpa mainin alat musik. Lagunya pun cenderung upbeat atau cepet. Kalo kata temen gue yang punya temen orang Korea, remaja Korea menganggap bahwa lagu-lagu slow identik sama orang-orang tua. Nggak heran mereka lebih suka lagu yang cepet dan penuh semangat, walaupun genre ballad juga cukup disukai banyak orang. Jumlah grupnya sendiri pun banyak banget, karena emang siklus jadi penyanyi di sana cepet banget. Belakangan gue baru tahu, kalo entertainment merupakan sumber devisa bagi Korea. Makanya nggak heran, banyak banget management company di sana. Dan persaingan antar managementnya pun lumayan parah.

Gue pun lumayan tau banget macem-macem grup Korea. Di kampus, kerjaan gue di semester 8, kalo nggak ngerjain skripsi ya donlot-in Korea. Update banget deh nih kampus. Kayaknya emang banyak yang suka juga. Berdasarkan manajemennya, tiga manajemen terbesar di sana, ada SM, JYP dan YG. Artis-artis SM mulai dari BoA, Dong Bang Shin Ki, Super Junior, Girls Generation, SHINee, f(x), Kangta, TRAX SM the ballad dan sebagainya. Artis-artis JYP ada 2PM, Wonder Girls, 2 AM, Rain (walau sekarang udah dibawah agency buatannya sendiri). Untuk YG, ada 2NE1, Big Bang, Se7en, Gummy, dan sebagainya. Belum lagi di bawah manajemen lain, kayak KARA, Brown Eyed Girls, Lee Hyori, SS501, miss A, MBLAQ, BEAST, 4minute, Davichi, CN Blue, FT Island, After School dan masih banyak lagi. FYI, gue pun lumayan hapal personelnya. Nanti bakal gue ceritain gimana caranya gue bisa apal.

Yang gue heran lagi, kok masih ada aja grup-grup yang mau muncul. Padahal saingannya juga nggak sedikit. Ternyata, setiap minggu, mereka ada acara music live performance. Macamnya dahsyat, gitu, cuma tanpa alay-alay yang joged-joged. Dan hampir di setiap acara, bakal ada award berdasarkan jumlah penjualan album, single ataupun jumlah orang yang ngedengerin lagunya di beberapa portal musik. Dan di akhir tahun, bakal ada performance yang bergengsi buat penyanyi-penyanyi Korea. Selain itu, marketing campaign untuk albumnya juga serius dipikirin sama management company di sana. Nggak heran, banyak keuntungan yang didapet di industri hiburan.
Selama gue ngikutin Kpop, gue juga banyak belajar di sana. Orang Korea emang dahsyat ketekunannya. Budaya timurnya juga masih lekat dibanding CIna, Jepang atau Taiwan. Jadi banyak ilmu dan pembelajaran yang didapet di acara-acara Korea. Mungkin next time bakal gue bahas soal Korea. 


Personally, gue suka sama Super Junior. Lagu-lagunya enak, mereka entertaining banget, dan walau nggak semua bisa nyanyi, kemampuan dance mereka nggak kalah sama orang amrik. Sayang aja bahasa inggris orang korea masih jelek banget. Padahal gue yakin mereka bisa go international banget.

Ps: Lagu yang recommended: hot times-sm the ballad, it’s you, sorry-sorry-super junior, love light-cn blue, are you a good girl-dbsk, I’m going crazy-se7en, I did wrong-2 am, breathe-miss A, tell me your wish-snsd, love like this-ss501. Dan satu lagi, at your own risk kalo suka. Hahaha. 

No comments: