Tuesday, January 11, 2011

Korean Drama and Variety Shows


Sehubungan dengan tulisan Kpop yang gue buat, gue pun akan membahas Kdrama dan Variety Show Korea. Ini juga berhubungan dengan kesukaan gue dengan Kpop, membuat gue jadi banyak tau tentang dunia entertainment Korea. Salah satu bentuk marketing album penyanyi Korea adalah melalui drama dan variety show. Buat drama sendiri sih belum banyak penyanyi yang masuk, cuma kalau variety show, selain banyak jenisnya, mereka juga super kreatif banget. Kita bahas satu-satu deh ya.

Drama Korea pasti udah nggak asing buat orang Indonesia. Mulai dari endless love, full housenya, princess hours, BBF F4 Korea, sampe bread love dreams nya kim tak goo. Artisnya juga mungkin beberapa pernah kita denger, kayak song hye gyo, rain, yoon eun hye, joo ji hoon, sang hyun, hyun joong, lee min ho, jang hyuk dll. Drama ini sebenernya kayak sinetronnya Indonesia. Selalu ada dan ceritanya berlebihan layaknya sinetron. Tapi percaya sama gue, mereka jauh kualitasnya dari sinetron Indonesia. Walau ceritanya 10-12 sama sinetron, tapi mereka semua niat banget buat drama. Drama terkenal biasanya dari tiga broadcasting company terbesar di sana, mulai dari SBS, KBS, MBC. Kalau yang suka nonton drama korea, pasti gak rela disama-samain sama sinetron Indonesia, karena akting mereka yang bagus, setting juga nggak asal dan ceritanya pun detail dan biasanya bagus. Tapi kalau dipikir-pikir, lebainya sih sama aja menurut gue.

Drama ini juga ditangani dengan sungguh-sungguh sama aktor dan artis Korea. Nggak sembarang aktor dan artis yang bisa main di drama ini. Tapi bukan berarti aktor dan artis ini jumlahnya sedikit. Banyak banget walau siklusnya nggak sependek penyanyi. Itu juga membuat gue heran. Kok bisa orang-orang itu mau main film, bikin film superniat di sinetron-sinetron itu. Jawabnya, setiap tahun ketiga broadcasting itu punya acara akhir tahun dengan mempersembahkan awards. Walaunpun nggak gede, tapi awards itu bener-bener mengapresiasi kerja keras semua aktor/artis yang berpartisipasi. Hal ini juga bikin mereka semangat bikin film yang bagus dan tentunya akting dengan baik.

Oiya, mungkin gue belum cerita juga, baik penyanyi ataupun artis ini pasti punya waktu training oleh setiap manajemen sebelum debut sebagai penyanyi atau artis. Hal ini tentu aja setiap pendatang baru, pasti punya dasar sebelum akhirnya menjadi lebih bagus dengan pengalaman-pengalaman main/manggung mereka.


Mirip dengan drama, variety show ini juga banyak jenisnya. Ada yang berupa fake marriage artis, artis ngasuh bayi, sesi curhat ataupun hanya games-games. Games-games ini juga kreatif-kreatif banget dan ada banyaaaak jenisnya. Jarang gue nemu games yang jenisnya sama. Ini juga bikin gue salut sama mereka. Biasanya, orang-orang termasuk gue nonton variety show karena konsep acaranya menarik, atau hanya sekedar diisi oleh penyanyi favorit. Variety show yang terkenal misalnya, we got married, family outing, hello baby, running man, strong heart. Antar broadcasting pun saling berkompetisi satu sama lain. Ini juga bikin gue bertanya-tanya kenapa banyak orang mau ikut acara variety show ini, selain repot, gue gak gitu nangkep manfaat buat artis dan broadcasting companynya.


Ternyata, selain emang bener-bener dinikmatin sama masyarakat korea, acara variety show ini juga sering dipake artis atau penyanyi di sana sebagai sarana mengenalkan grup atau personality mereka. Hal ini juga yang bikin gue akhirnya hapal personel grup musik Kpop. Selain itu, seperti drama, di akhir tahun ada penghargaan entertainment awards untuk artis/penyanyi/pelawak yang terlibat dalam acara variety show. Hal ini juga yang gue rasa memotivasi mereka buat bikin acara variety show yang bagus.

Gak ada habisnya kalo gue disuruh bahas soal Korea. Banyak fenomena menarik yang bisa kita pelajari dari kebiasaan masyarakat sana yang bisa kita contoh. Kapan-kapan dibahas lagi deh yaaa

No comments: