Sunday, January 4, 2009

wisata kuliner

Aku, merupakan salah satu bagian dari keramaian tiap tahun saat Lebaran. Ya, mudik merupakan rutinitas andalanku setiap tahunnya. Seru dan melelahkan, itulah kesanku. Namun, banyak hal yang dapat dilakukan saat mudik. Yak, apalagi kalau bukan wisata kuliner. Berikut adalah salah satu rumah makan yang dapat dikunjungi di berbagai kota dengan rasa jempolan:

1. Pesona Laut Jalan Raya Indramayu: Di tempat ini, sudah pasti menyajikan makanan seafood khas pinggir pantai yang segar. Letaknya di Jalan Raya Indamayu, sebelum pertigaan Indramayu-Cirebon dari arah Jakarta. Wah, maknyus deh pokoknya. Tapi siap-siap bersabar saja karena ramai pengunjung. Namun tampaknya ia sudah berjaga-jaga akan hal ini, sehingga waktu menunggu nya tidak terlalu lama kok.

2. Kuning Ayu Indramayu: Kalau tempat makan ini letaknya di Indramayu. Menu andalannya adalah ayam goreng, sayur asem, dan soto. Pelayanannya cepat, dan tidak pernah sepi. Untuk para pemudik, cocok juga karena tempat ini dilengkapi mesjid yang bagus, dan bersih.

3. H. Moi Jalan Raya Tegal: Letaknya menuju kota Tegal, dekat Jembatan. Menu andalannya sate kambing dan gulainya. Yummy dan sedap. Lagi-lagi siap-siap saja akan ramainya. Sambil menunggu, sedap juga mencium asap satenya dahulu (apa sih Septine.. Hahhaha).

4. H. Mul Cirebon: Kalau rumah makan ini, banyak sekali terdapat cabangnya di Cirebon. Menu andalannya seafood segar ala pantai. Maknyus sekali kepiting saus padangnya. Kalau jam makan siang, hati-hati ramai saja. Namun, ia buka hingga malam, sehingga kalau datang di sore hari, cukup sepi kok.

5. Mbok Sador Simpang Lima: Menu andalan mbok yang satu ini adalah pecelnya. Biasanya buka saat malam bahkan ketika sahur pun masih ada. Seru sekali makan di malam atau sahur ketika puasa, bersama dengan pedagang-pedagang makanan yang lain.

6. Ninit Magelang: Letaknya di kota Magelang dekat pasar yang dekat Hero (lupa namanya). Di sana menu andalannya adalah ayam goreng yang dimasak hingga tulangnya lunak sekali. Bagi seluruh alumni TN, rasanya pasti sudah mengenal rumah makan yang satu ini.

7. Solo Ria Sragen: Letaknya tepat di kota Sragen, di jalan rayanya. Menu andalannya adalah ayam goreng dan ikan bakarnya. Rumah makan ini juga menyediakan bentuk lesehan bagi para keluarga. Buka sesiangan hingga sore. Sambelnya, Yummy,,

8. Nyoto Roso Alas Roban: Hutan yang letaknya setelah Batang Pekalongan, sebelum Kendal. Diantaranya ada rumah makan ini yang menu andalannya adalah Ayam Goreng dan sayur asemnya yang bening sekali. Rasa belimbing wuluh yang segar enak sekali dikonsumsi ketika lapar. Nyamnyam.. Biasa buka di siang dan malam hari.

9. Cindelaras Muntilan: Rumah makan ini juga menyajikan berbagai menu. Sebenernya nggak taw juga yang paling enak apa. Tapi pernah nyobain ayam gorengnya enak juga, kalau temen suka banget sama opornya. Kalau siang rame banget.

10. SGPC Yogyakarta: Sego pecel ini letaknya di sekitar selokan mataram. Rasanya tidak terlalu pedas bagi para pembenci pedas. Lauknya pun ada macam-macam, mulai telur ceplok, tempe, sate telur puyuh, bakwan, gorengan, dsb. Suasananya klasik dan sering diramaikan oleh satu pengamen yang membuat suasana makin ramai.

11. Gudeg H. Amad Yogyakarta: Yah, menu andalannya apalagi kalau bukan gudeg. Kreceknya, maknyus.. Letaknya di sekitar selokan Mataram. Hati-hati kalau siang rame banget.

12. Baso Wong Duro Kepanjen Malang: Baso yang satu ini rasanya maknyus dan baso banget. Letaknya hanya ada di Jalan Raya Kepanjen-Malang dekat pom bensin. Selalu dipenuhi oleh pengunjung. Namun tenang, baru duduk, pasti baksonya sudah datang. Nyamnyam..

13. Sup Ikan Sanur Bali: Lupa namanya.. Cuma sudah terkenal sekali kok. Letaknya di dekat pantai Sanur. Jadi, sebelum berkunjung ke pantai Sanur, boleh juga sarapan di sana, mumpung belum begitu ramai. Enak dan segar sekali kuahnya dan juga ikannya.
Hahaha.. sambil menuliskan ini, aku sambil membayangkannya satu persatu. Sedap dan jadi lapar. Sekian dulu deh. Semoga bermanfaat bagi para traveler. Tips terakhir, kalau bingung cari tempat makan, datangi saja yang ramai, insya Allah rasanya tidak akan terlalu buruk.

Sekian sharingnya, mudah-mudahan berguna :)

1 comment:

Unknown said...

wah asikk..oleh-oleh doonngg