Monday, May 15, 2023

there is no such thing as black or white

hi blog. lagi di Dokter Gigi dan masi nggu giliran yang 30 menit lagi. kecepetan gara2 hujan, takut telat tapi jadinya malah kecepetan.
hmm pgn cerita soal black and white. apa ya. akhir2 ini setelah habis ngerasa kok gue idealis banget jadi org, skrg malah jadi ngerasain jangan terlalu menilai orang black or white.
well, i hv bad personality to judge people fast. gue merasa ada beberapa kebiasaan dari orang2 yang membuat gue suka ngejudge. misalnya small lies, small talk topics, dll. dan itu membuat gue gampang banget ngejudge org dan sometimes it lies for a long time. i know about this very well, so i try my best to overcome this. gue kayaknya sih udh berusaha tidak membuat gue bertindak thd org atas judgement gw. 
gue cenderung pny pengertian black and white versi gue. gue menilai beberapa case/value itu black/jelek/negatif dan case lainnya itu white/bagus/positif. hampir gue ngga pny value grey, i dislike grey area. klo jelek ya jelas, klo bagus ya bagus.
tapi akhir2 ini, gue lagi merasa, dunia itu banyak abu2nya. gue baru menyadari juga kalau pengertian black and white itu beda2 dan setiap org punya value nya masing2. buat sebagian org mungkin masih oke, white. tp buat gue mungkin udh masuk black. 
dari sini, gue jadi mikir, apa sih sebenarnya yang bikin setiap org punya value yang beda gtu. bisa jadi kebiasaan dia dari kecil, lingkungan, politik, agama, dan berbagai indikator lain. beberapa case ekstrem mungkin sama, misalnya org bunuh ya jahat. tapi beberapa case bisa jadi abu2, misalnya apa ya, pengemis nyuri makanan.
case abu2 ini makin lama makin banyak gue temui. dan untuk case lainnya, gue juga menemukan beberapa orang tidak black or white. awalnya gue judge ni orang ngga bener, tapi lama2 gue menemukan juga kebaikan/kelebihannya. vice versa, beberapa org gue percaya, tapi lama2 gue bisa menemukan juga kejelekannya (dan mungkin kalau gue nemuin lebih awal, gue akan judge dia black).
akhirnya ini juga yang membuat gue berusaha utk tidak terlalu suka or sebal sama orang. setiap org punya kelebihan dan kekurangannya masing2. dan bisa jadi yg kita nilai bagus itu ngga selamanya bagus.
gue pernah bener-bener melihat org menilai temen gue black, di saat gue tau bagaimana dia ditekan oleh bosnya shg dia menjadi seperti itu. (dan well, bosnya tetep dinilai bagus oleh rekan2 lain cih)
yaa gtu deh. intinya, dunia makin lama makin ngebingungin. makanya jadi org dewasa itu susah ya, casenya makin bervariasi dan cara menyikapinya juga ngga bisa black or white. dan gue pun bertemu dengan beberapa teman kuliah, yg kurleb punya background mirip, juga menemui hal yang serupa. sulitnya menjaga black or white, dan gimana ya caranya menyikapi dunia yg tentu saja tidak seindah itu.
udh ahh. sampai jumpa di postingan ngga terstruktur lainnya.

No comments: