Thursday, April 8, 2021

Bullying

Hi Blog.

Lagi pengen nulis di blog setelah sekian lama.

Kali ini pengen bahas soal bullying gara-gara lagi trending topic di Korea, dan ada kejadian baru-baru ini yang bikin keingetan pgn bahas topik ini.

Well, klo personally, dulu pernah kayaknya dibully di jaman SD. Temen-temen ngga boleh temenan sama gue dan bahkan dibuat gue ngga bisa juara. Tapi dulu pas kejadian sih cuma bingung aja, kok gue ngga boleh temenan sama temen yg gue pengen. Lama-lama gue pikir kayaknya itu namanya dibully. Untung masih ada temen2 yg mau diajak ngobrol, dan bahkan di masa-masa itu kayaknya gue akhirnya belajar utk balik naik kendaraan umum sendiri spy ngga barengan jemputan sama temen-temen "aneh". 

Pas SMP, walaupun labil luar biasa, Alhamdulillah ketemu temen-temen baik and I passed my puberty safe and well. Banyak memori menyenangkan juga di masa itu. Pernah dilabrak ngga ya? Hmm kayaknya ngga pernah sih cm ditegur-tegur biasa, tp gue bukan sasaran senior-senior.

Pas SMA, mungkin gue termasuk golongan aneh. Well, it was one of my darkest moment in my life. Not sure why, maybe I was not mature enough. Mungkin itu juga gue kadang suka dinasehatin sama temen2, yg sampe sekarang gue ngga paham sih kenapa. Kdg gue juga mendapati orang-orang ngomongin gue di belakang. But well, I guess ignorance is a bless. At that time, all I care is I need more sleep. Jadi dulu selalu berusaha tidur paling cepet dan bangun paling siang, dan gimana caranya spy ngga perlu ngulang ujian spy ngga perlu belajar berkali-kali. Temen juga alhamdulillah baik-baik and I passed that time safely.

Eh kenapa jadi curhat ya. Hahhaa. Anw intinya, semua pengalaman2 bullying yg gue alami saat itu sebenernya ngga berasa, tapi kalau dipikir-pikir ternyata gue pernah dibully. Saat itu mungkin gue cm sedih, paling cerita sama ortu atau sama buku tulis krn pas SMA ngga tinggal sama ortu. And it changes the way I am. Tapi dengan pengalaman-pengalaman itu, gue cm bertekad, I wanna be good and I wanna prove that I am good. Gue juga akhirnya jadi bodo amat sama omongan orang-orang and fokus sama diri sendiri,

Well, baca di berita-berita Korea, berat banget sih bullyingnya. Mungkin krn tuntutan juga lebih tinggi di sana ya dibandingkan di Indo, apalagi jaman gue dulu. Emg jadinya dasar atau pegangan hidup seseorang jadi penting banget. Not sure how to have that "foundation" but I guess life is getting harder these days.

Buat yg pernah dibully, well you are not alone. I hope you can befriend with those dark memories and moving on. You are good if you're doing good, no matter what people say. 

Buat yg pernah ngebully, mungkin ngerasa dulu labil juga jadi ngebully, tapi mudah-mudahan pny waktu buat minta maaf. Bullying scar can remaining forever although as the time passed, you can laugh at that scar.

Well do good while you can. Because you can not live alone.

No comments: