Saturday, January 26, 2013

Domino Effect


Hi Blog! Lanjutan dari postingan sebelumnya, kali ini gue mau sharing dari pengalaman kerja gue yang masi seumur jagung.

Di pekerjaan pertama, gw sempet kerja jadi business analyst buat negara ini. Yahh semacam freelance consultant karena gw dihire individual. So far, satu tahun itu seru banget. Yah sama aja kayak kerjaan lainnya, ada suka dan dukanya. Tapi yang pengen gw sharing adalah yang ada hubungannya sama kerjaan gw sekarang.

Dulu gw kebagian project untuk buat mekanisme. Setelah 1-2 bulan semedi baca peraturan-peraturan, dibantai di presentasi-presentasi, akhirnya output kerjaan gw semakin jelas. Dan lo tau gak apa? Ternyata cuma membuat swimlane diagram. Kedengerannya keren yah, padahal gak jauh sama bikinin timeline.

Awalnya, gw sempet superdown, karena ego gw sebagai sarjana teknik mulai mempertanyakan. Apakah bener kerjaan gw cuma “begini” doang? Tapi untungnya bos gw sempet sharing dan menaikkan motivasi gw. Dengan gw bikinin timeline, proses perencanaan n penganggaran yang dilakukan akan lebih rapi dan kualitasnya akan meningkat. Dengan gw bikinin timeline, mungkin daerah-daerah yang akan dimajukan akan lebih tepat sasaran. Mungkin kerjaan gw agak sepele, tapi domino effect dari kerjaan gw akan besar.

Dari situ gw sadar, ketika lo bekerja di lingkungan pemerintah, sebagai pengatur negeri ini, segala sesuatu yang lo lakukan akan berdampak besar untuk masyarakat. Untuk memotivasi lo, lo harus liat, ada dimanakah posisi lo di gambaran besar proses bisnis pemerintah ini? Dari situ lo akan tau, gimana kontribusi lo buat kemajuan negeri ini. Ingat, gak ada hal besar yang tidak terdiri dari hal-hal kecil.

So message dari postingan gw kali ini, ketika lo bekerja untuk kesejahteraan masyarakat, segala sesuatu yang lo lakukan, akan membawa dampak bagi banyak masyarakat. Jadi lakukan semua kewajiban lo dengan tanggung jawab, dan insyaAllah lo udah berperan untuk kemajuan negeri ini.

No comments: